15 Pemain Rusia dan Uni Soviet Terbaik Sepanjang Sejarah

Tim nasional Rusia (dulunya bernama Uni Soviet) memiliki prestasi yang cukup membanggakan di dunia sepakbola. Tim ini pernah menjuarai Euro 1960 dan memenangkan dua medali emas Olimpiade. Prestasi terakhir yang cukup membanggakan yang pernah diraih tim ini adalah mencapai babak final Euro 2008 di bawah kepelatihan Guus Hiddink.

Tak hanya berprestasi di berbagai turnamen internasional, Rusia dan Uni Soviet juga telah melahirkan banyak pesepakbola berbakat. Beberapa nama seperti Lev Yashin, Oleh Blokhin, dan Rinat Dasayev bahkan disebut sebagai legenda di dunia sepakbola. Nah, dalam artikel ini, IlmuBola.com akan menyajikan daftar 15 pesepakbola Rusia dan Uni Soviet terbaik sepanjang masa. 

15. Roman Pavlyuchenko


Karir Roman Pavlyuchenko mulai menanjak ketika tampil gemilang di Euro 2008. Dalam turnamen tersebut, striker ini mencetak tiga gol dan membantu negaranya mencapai babak semifinal. Penampilannya membuat Pavlyuchenko dibeli oleh Tottenham Hotspur dengan harga tinggi, hanya beberapa minggu setelah Euro 2008. Sayang, di Tottenham Hotspur performanya tidak stabil. Ia sering dilanda cedera dan terlihat kesulitan menyesuaikan dengan gaya sepakbola Inggris. Pavlyuchenko akhirnya kembali ke Rusia pada tahun 2012, bermain untuk Lokomotiv Moscow.


14. Oleg Salenko


Oleg Salenko menggemparkan dunia sepakbola ketika ia berhasil mencetak lima gol dalam pertandingan melawan Kamerun di Piala Dunia 1994. Di akhir turnamen, Salenko berhasil menjadi top skorer, walaupun timnya tersisih di babak pertama. Sayang, setelah performa gemilangnya di Piala Dunia, performanya cenderung menurun. Ia tak pernah lagi masuk dalam skuad timnas Rusia dan hanya menunjukan penampilan biasa-biasa saja di level klub.


13. Sergei Ignashevich


Ignashevich adalah seorang pemain bertahan yang serba bisa. Ia bisa diposisikan sebagai bek tengah, bek kanan, sweeper, atau gelandang bertahan. Performanya di level klub maupun timnas cukup solid, membuatnya sering menjadi pilihan pertama. Sepanjang karirnya, ia memenangkan lima gelar Liga Rusia bersama CSKA dan Lokomotiv Moscow. Ignashevich juga merupakan pemain kunci yang membantu CSKA memenangkan Piala UEFA di tahun 2005.


12. Yuri Zhirkov


Yuri Zhirkov bisa dianggap sebagai salah satu gelandang kiri Rusia terbaik dalam satu dekade terakhir. Ia memiliki teknik, dribbling, dan kreativitas yang luar biasa. Karir terbaiknya dilalui bersama CSKA Moscow dalam periode 2004-2008, di mana Zhirkov memenangkan satu trofi Piala UEFA, tiga gelar Liga Rusia, dan terpilih sebagai Footballer of the Year in Russia tahun 2008. Ia pindah ke Chelsea di tahun 2009 dan memenangkan satu gelar Premier League dan FA Cup sebelum kembali bermain di Liga Rusia pada tahun 2011.


11. Igor Akinfeev


Igor Akinfeev adalah kiper paling berbakat yang pernah bermain di Liga Rusia. Ia mengawali debutnya di usia 17 tahun bersama CSKA Moscow, dan sejak saat itu selalu bermain sebagai kiper utama. Bersama CSKA Moscow, Akinfeev sudah memenangkan lima gelar Liga Rusia, enam Piala Rusia, dan satu trofi Piala UEFA. Ia juga meraih banyak penghargaan individual, antara lain lima Lev Yashin Prize "Goalkeeper of the year." 


10. Vasili Berezutski

Bersama Sergei Ignashevich, Vasili Berezutski adalah andalan lini belakang timnas Rusia dalam lima tahun terakhir. Pemain ini bergabung dengan CSKA Moscow sejak tahun 2002 dan telah memenangkan lima gelar Liga Rusia, tujuh Piala Rusia, dan satu Piala UEFA. Selain bermain sebagai seorang bek tengah, Berezutski juga bisa diposisikan sebagai seorang wingback. Ia kuat, namun juga cukup cepat, lincah, dan agresif dalam mengejar bola.


9. Aleksandr Kerzhakov


Dengan total 209 gol, Aleksandr Kerzhakov merupakan top skorer sepanjang masa Liga Rusia. Ia dikenal sebagai seorang striker yang sangat rajin menjemput bola, berteknik tinggi, dan efektif dalam mencetak gol. Periode karir terbaiknya terjadi di tahun 2004 ketika bermain untuk Zenit St. Petersburg, di mana Kerzakhov membantu klubnya menjuarai Liga Rusia sekaligus menjadi top skorer turnamen tersebut. Ia juga sempat satu tahun berkarir bersama Sevilla, memenangkan satu trofi Piala UEFA dan satu Copa del Rey.


8. Igor Netto


Igor Netto adalah kapten timnas Uni Soviet saat tim tersebut menjuarai Piala Eropa 1960. Berposisi sebagai seorang gelandang tengah, Igor Netto memiliki naluri menyerang dan kemampuan dribbling yang sangat baik. Ia juga terkadang bisa bermain sebagai seorang bek kiri atau second striker. Tak hanya di level timnas, Netto juga sukses berkarir bersama Spartak Moscow di level klub. Selama 17 tahun bergabung bersama klub tersebut, ia memenangkan lima gelar Liga Uni Soviet dan tiga Piala Uni Soviet.


7. Andrey Arshavin


Andrey Arshavin sering disebut sebagai salah satu gelandang Arsenal terbaik sepanjang masa. Walaupun tidak memenangkan satu trofi pun bersama the Gunners, Arshavin menunjukkan permainan yang menawan, di antaranya mencetak empat gol dalam pertandingan melawan Liverpool di tahun 2009. Karirnya bersama Zenit St. Petersburg juga cukup gemilang, di mana ia memenangkan dua gelar Liga Rusia, satu UEFA Cup, dan satu UEFA Super Cup. 


6. Vladimir Beschastnykh


Dengan catatan 26 gol, Vladimir Beschastnykh adalah top skorer timnas Rusia sepanjang masa. Striker ini mewakili negaranya di dua Piala Dunia (1994 dan 2002) serta satu turnamen Euro (1996). Di level klub, Beschastnykh memenangkan empat gelar Liga Rusia bersama Spartak Moscow. Ia juga sempat bermain di Bundesliga bersama Werder Bremen, di Liga Spanyol bersama Racing Santander, dan di Liga Turki bersama Fenerbahce. 


5. Viktor Onopko


Viktor Onopko adalah pemain Rusia dengan jumlah caps terbanyak, total mewakili negaranya dalam 109 pertandingan internasional. Defender ini menghabiskan sebagian besar karirnya bermain di Liga Spanyol bersama Real Oviedo dan Rayo Vallecano. Walaupun demikian, periode terbaik karirnya terjadi justru sebelum ia bermain di Spanyol, tepatnya saat bermain untuk Spartak Moscow dari tahun 1992 hingga 1995. Dalam periode tersebut, Onopko memenangkan tiga gelar Liga Rusia dan dua kali terpilih sebagai Footballer of the Year in Russia.


4. Rinat Dasayev


Selain Lev Yashin, Rinat Dasayev adalah sosok yang dianggap sebagai salah satu kiper terbaik Uni Soviet sepanjang masa. Ia bermain untuk negaranya dalam periode 1979-1990, total tampil dalam 91 pertandingan internasional. Salah satu prestasi terbaik Dasayev adalah mempersembahkan medali perak untuk negaranya dalam Olimpiade 1980. Karena ketangguhannya sebagai seorang penjaga gawang, Dasayev mendapat julukan sebagai "Tirai Besi" dari pengamat sepakbola.


3. Valentin Kozmich Ivanov


Valentin Ivanov adalah striker andalan timnas Uni Soviet di tahun 1960-an. Ia merupakan top skorer Piala Dunia 1962 dan Euro 1960. Prestasinya bersama timnas Uni Soviet juga cukup membanggakan, di mana Ivanov menjuarai Euro 1960 dan menjadi runner-up Euro 1964. Sebagai seorang striker, ia dikenal sebagai sosok yang sangat kreatif dan memiliki kemampuan dribbling yang luar biasa. Selama 14 tahun berkarir sebagai pesepakbola profesional, Ivanov hanya bermain untuk satu klub, Torpedo Moscow. Di klub tersebut, ia mencetak 124 gol dalam 286 penampilan.


2. Oleg Blokhin


Dari segi statistik, Oleg Blokhin bisa disebut sebagai pemain terbaik timnas Uni Soviet sepanjang masa. Ia memegang rekor jumlah caps dan jumlah gol yang dicetak untuk negaranya, dengan total catatan 42 gol dalam 112 penampilan. Tak hanya itu, Blokhin yang bermain dalam periode 1969-1990 juga sangat sukses di level klub. Bersama Dynamo Kyv (saat itu masih berkompetisi di Liga Uni Soviet), ia memenangkan delapan gelar Liga, dua trofi Winners' Cup, dan satu UEFA Super Cup. Ia juga memperoleh penghargaan European Footballer of the Year tahun 1975.


1. Lev Yashin


Lev Yashin adalah seorang penjaga gawang legendaris yang kontribusinya di dunia sepakbola tak akan dilupakan. Kiper ini dianggap sebagai salah satu penyelamat tendangan penalti terbaik sepanjang sejarah dan berhasil mencatatkan 270 clean sheets sepanjang karirnya. Yashin juga membantu negaranya memenangkan satu medali emas Olimpiade 1956 dan menjuarai Piala Eropa 1960. Di tahun 1963, Yashin mencatat prestasi membanggakan dengan menjadi satu-satunya kiper yang memenangkan penghargaan Ballon d'Or. Di level klub, ia sukses berkarir bersama Dynamo Moscow, menjuarai lima gelar Liga Soviet dan tiga Soviet Cup.
Baca juga :
Agen BOLA

0 Response to "15 Pemain Rusia dan Uni Soviet Terbaik Sepanjang Sejarah"

Posting Komentar