15 Klub Sepakbola Terbaik di Liga Brazil

Walaupun kalah populer dibandingkan liga sepakbola Eropa, kualitas Liga Brazil sama sekali tidak bisa dipandang sebelah mata. Berdasarkan penilaian IFFHS, Liga Brazil menempati peringkat kedua sebagai liga sepakbola terbaik di dunia, hanya kalah dari La Liga Spanyol.

Divisi tertinggi dalam Liga Brazil saat ini disebut Campeonato Brasileiro Série A. Kompetisi ini terdiri dari 20 tim yang masing-masing akan saling bertanding dua kali, kandang dan tandang. Di akhir musim, setiap tim akan bermain 38 kali. Berbeda dengan liga Eropa, Liga Brazil dimulai di awal tahun (sekitar bulan Maret-April) dan berakhir di akhir tahun. 

Di artikel kali ini, IlmuBola akan menyajikan daftar 15 klub Brazil terbaik sepanjang sejarah. Ranking ini dibuat berdasarkan jumlah gelar yang sudah dimenangkan serta kualitas pemain-pemain yang pernah bermain untuk klub tersebut.

15. Atlético Paranaense


Atletico Paranaense bermarkas di Coritiba dan didirikan pada tahun 1924. Walaupun berusia tua, klub ini baru satu kali memenangkan Liga Brazil di tahun 2001. Sebelum bergabung dalam kompetisi nasional Liga Brazil, Atletico Paranaense mengikuti kompetisi lokal bernama Paraná State Championship. Penampilan gemilang dan dominasi klub tersebut dalam turnamen itu membuatnya mendapat julukan sebagai Furacao alias angin ribut, karena kebiasaan mereka dalam memporak-porandakan pertahanan lawan.


14. Guarani


Masa kejayaan Guarani di Liga Brazil sudah lama berlalu. Klub ini hanya pernah menjuarai Serie A di tahun 1978 dan saat ini berkompetisi di Serie C, divisi ketiga dalam kompetisi sepakbola Brazil. Saat menjadi juara, Guarani diperkuat pemain-pemain berbakat yang menjadi bagian dari skuad Brazil di Piala Dunia 1978 seperti Amaral, Carlos, Jorge Mendonca, dan Valdir Peres. Pemain terkenal lain yang sempat bermain untuk Guarani adalah Careca, striker andalan timnas Brazil di tahun 1980-an.


13. Atlético Mineiro


Atletico Miniero memang baru satu kali memenangkan Liga Brazil di tahun 1971, namun dalam tiga tahun terakhir ini reputasinya menanjak pesat. Di tahun 2013, Atletico Miniero bahkan berhasil memenangkan Copa Libertadores. Memang, saat itu klub ini diperkuat oleh banyak pemain bintang seperti Ronaldinho, Diego Tardelli, dan Jo. Atletico Miniero merupakan rival berat dari Cruzeiro, dan telah melahirkan beberapa pesepakbola besar seperti Claudio Taffarel, Gilberto Silva, dan Toninho Cerezo.


12. Bahia


Sama seperti Guarani, masa kejayaan Bahia juga sudah berlalu. Klub yang bermarkas di stadion Arena Fonte Nova ini dua kali memenangkan Liga Brazil, terakhir kali pada tahun 1988. Sejak tahun 2000, klub ini kesulitan untuk bertahan di Serie A, bahkan beberapa kali terdegradasi ke divisi yang lebih rendah. Salah satu hal yang akan selalu dikenang dalam sejarah Bahia adalah keberhasilan mereka memenangkan Liga Brazil pada tahun 1959. Kala itu, klub ini berhasil mengalahkan Santos - klub yang bertabur bintang seperti Pele, Gilmar, dan Coutinho - di partai final.


11. Grêmio


Sejak didirikan pada tahun 1903, Gremio dua kali menjuarai Liga Brazil dan empat kali menjadi runner-up. Klub ini dua kali memenangkan Piala Libertadores, bahkan pernah meraih Piala Interkontinental setelah mengalahkan juara Liga Champions, Hamburger SV di tahun 1983. Gremio terakhir kali memenangkan Liga Brazil di tahun 1996, di bawah kepelatihan pelatih legendaris Luiz Felipe Scolari. Tak hanya itu, Gremio juga merupakan klub yang melahirkan salah satu playmaker terbaik dalam sejarah sepakbola, Ronaldinho.


10. Botafogo


Botafogo adalah satu dari 13 klub pertama yang mempelopori kompetisi sepakbola profesional di Brazil. Klub ini didirikan pada tahun 1904 dan dua kali menjuarai Liga Brazil. Botafogo dikenal sebagai salah satu klub terkuat Brazil di tahun 1960-an, ketika klub ini diisi oleh pemain-pemain bintang seperti Jairzinho, Nilton Santos, dan Garrincha. Gelar top skorer sepanjang masa Botafogo dipegang oleh Quarentinha, striker asal Brazil yang mencetak 306 gol dalam 444 pertandingan.


9. Cruzeiro


Cruzeiro adalah juara Liga Brazil tahun 2013. Sejak didirikan pada tahun 1921, klub ini sudah memenangkan tiga gelar Liga Brazil dan dua Copa Libertadores. Keberhasilan klub tersebut memenangkan Serie A di tahun 2013 tak lepas dari tangan dingin Carlos Oliviera. Klub ini berhasil menjuarai kompetisi dengan perbedaan 11 angka dari peringkat kedua, padahal sama sekali tak ada pemain yang menonjol di dalamnya. Rekor top skorer Cruzeiro sepanjang masa dipegang oleh Tostao, striker Brazil yang mencetak 249 gol selama karirnya dalam periode 1963 hingga 1972.


8. Internacional


Internacional adalah klub yang bermarkas di Porto Alegre dan merupakan rival abadi Gremio. Klub ini memenangkan tiga gelar Liga Brazil, terakhir kali pada tahun 1979. Walaupun demikian, Internacional secara konsisten menduduki papan atas Liga Brazil dalam satu dekade terakhir ini, bahkan berhasil memenangkan dua trofi Copa Libertadores (tahun 2006 dan 2010) serta satu trofi FIFA Club World Cup 2006 setelah mengalahkan Barcelona di partai final. Internacional pernah diperkuat oleh bintang sepakbola Brazil maupun internasional, seperti Dunga, Diego Forlan, dan Sergio Goycochea.


7. Fluminense


Fluminense menjuarai empat gelar Serie A Brazil, terakhir kali pada tahun 2012. Klub ini bermarkas di stadion Maracana, stadion keramat yang pernah dijadikan tempat pertandingan final Piala Dunia 1950. Klub ini juga telah melahirkan beberapa bintang ternama Brazil, seperti defender legendaris Carlos Alberto dan wingback kiri yang saat ini menjadi andalan Real Madrid, Marcelo. Waldo Machado adalah top skorer sepanjang masa Fluminense dengan total catatan 319 gol.


6. Vasco da Gama


Vasco da Gama adalah sebuah klub yang dinamai sesuai dengan nama penjelajah samudera asal Portugis. Klub ini memenangkan empat gelar Liga Brazil dan satu trofi Copa Libertadores. Salah satu pertandingan paling legendaris yang pernah diikuti oleh Vasco da Gama terjadi dalam turnamen Copa Mercosur tahun 2000. Dalam pertandingan final, Vasco da Gama yang tertinggal 0-3 dari Palmeiras berhasil membalikkan keadaan dan memenangkan partai dengan skor 4-3 berkat penampilan gemilang dari Romario. Pertandingan tersebut bahkan sering disebut sebagai pertandingan paling dramatis dalam sejarah sepakbola Brazil.


5. Corinthians


Sejak tahun 1990-an, Corinthians menjelma menjadi kekuatan baru persepakbolaan Brazil. Klub ini sudah menjuarai lima gelar Serie A, pertama kali pada tahun 1990 dan terakhir kali di tahun 2011. Tak hanya itu, klub ini juga memenangkan satu trofi Copa Libertadores dan dua FIFA Club World Cup. Sejak pertama kali berdiri hingga sekarang, klub ini diperkuat berbagai pemain bintang, sebut saja Roberto Carlos, Dida, Socrates, Rivelino, dan Carlos Tevez.


4. Flamengo


Berdasarkan data yang dikumpulkan di tahun 2010, Flamengo merupakan klub paling populer di Brazil, dengan jumlah suporter yang menembus angka 39 juta. Bersama dengan Santos, Sao Paulo, Internacional, dan Cruzeiro; Flamengo merupakan klub yang belum pernah terdegradasi dari divisi tertinggi liga sepakbola Brazil. Prestasi terbaik Flamengo terjadi di tahun 1981 ketika berhasil menjadi juara Piala Libertadores. Di tahun yang sama, Flamengo berhasil menjadi klub terbaik dunia setelah mengalahkan Liverpool dengan skor 3-0 dalam final Piala Interkontinental. Kesuksesan Flamengo pada saat itu tak bisa dilepaskan dari Zico, sosok yang menjadi bintang utama klub ini.


3. São Paulo


Sao Paulo adalah klub Brazil yang paling banyak memenangkan gelar internasional. Total, klub ini meraih 12 trofi internasional, di antaranya tiga Copa Libertadores, dua Piala Interkontinental, dan satu FIFA Club World Club. Di kompetisi domestik, klub ini enam kali memenangkan divisi teratas Liga Brazil. Sejak pertama kali berdiri pada tahun 1935, Sao Paulo telah diperkuat berbagai bintang, seperti Rogerio Ceni (kiper dengan jumlah gol terbanyak di dunia) dan Leonidas (top skorer Piala Dunia 1938).


2. Palmeiras


Dengan delapan gelar Liga Brazil, Palmeiras adalah klub tersukses dalam persepakbolaan Brazil. Walaupun demikian, klub ini sudah cukup lama berpuasa gelar, terakhir kali memenangkan Copa Libertadores tahun 1999. Karena kesuksesannya dalam memenangkan berbagai gelar domestik dan internasional, Palmeiras dianugerahi gelar sebagai Best Team of the 20th Century of Brazil oleh FPF. Pemain legendaris Palmeiras antara lain adalah Marcos, kiper nomor satu Brazil dalam Piala Dunia 2002 yang nomor punggungnya (12) dipensiunkan oleh klub ini.


1. Santos


Tak diragukan lagi, gelar klub terbaik di Liga Brazil layak diberikan kepada Santos. Klub ini telah memenangkan berbagai trofi, antara lain delapan gelar Liga Brazil, dua Piala Interkontinental, dan tiga trofi Copa Libertadores. Santos juga merupakan tempat di mana Pele menghabiskan sebagian besar karirnya sebagai pesepakbola profesional. Tak hanya itu, Santos telah melahirkan beberapa bintang besar sepakbola seperti Alex, Robinho, Diego Ribas, dan Neymar.
Baca juga :
Agen BOLA

0 Response to "15 Klub Sepakbola Terbaik di Liga Brazil"

Posting Komentar