15 Gelandang Spanyol Terbaik Dalam Sejarah

Salah satu kekuatan timnas sepakbola Spanyol terletak pada lini tengah mereka. Dari masa ke masa, Spanyol secara rutin melahirkan gelandang-gelandang berbakat dan bertalenta tinggi. Mereka berhasil memukau publik pecinta sepakbola dengan skill yang tinggi serta menyajikan gaya permainan yang indah dan enak untuk dinikmati.

Dalam artikel kali ini, IlmuBola.com akan menyajikan daftar 15 gelandang Spanyol terbaik sepanjang masa. Sebagian besar pemain dalam daftar ini merupakan bagian dari skuad Spanyol yang menjuarai turnamen Euro 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010. 

15. Juan Mata


Juan Manuel Mata adalah salah satu playmaker terbaik Spanyol di abad ke-21. Pemain yang dibesarkan oleh Youth Academy Real Madrid ini mulai tampil gemilang ketika bermain untuk Valencia dalam periode 2007-2011. Karirnya makin menanjak ketika pindah ke Chelsea, di mana Mata memenangkan Liga Champions, Europa League, dan dua kali terpilih sebagai Chelsea Player of the Year. Ia juga merupakan bagian dari skuad Spanyol yang memenangkan Piala Dunia 2010.


14. Vicente Rodríguez


Vicente Rodriguez merupakan seorang winger yang berperan besar membantu Valencia memenangkan dua gelar La Liga di musim 2001-02 dan 2003-04. Ia bermain gemilang di bawah kepelatihan Rafael Benitez, secara konsisten mencetak gol dan memberikan assists penting untuk timnya. Gelandang yang dikenal karena teknik dan kecepatannya yang luar biasa ini bertahan di Valencia selama 11 tahun sebelum pindah ke Brighton & Hove Albion, klub di mana ia mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola profesional di tahun 2013.


13. Txiki Begiristain

Begiristain adalah sayap kiri andalan Barcelona di awal tahun 1990-an. Selain cepat dan lincah, Begiristain juga memiliki naluri mencetak gol yang bagus, membuatnya terkadang dimainkan sebagai seorang striker. Di Barcelona, ia berkolaborasi dengan pemain-pemain top Spanyol lainnya seperti Julio Salinas, Jose Mari Bakero, dan Andoni Zubizaretta, mempersembahkan empat gelar La Liga dan satu trofi Piala Champions untuk klub ini. Begiristain tampil untuk timnas Spanyol dalam 22 pertandingan internasional dan mencetak enam gol.


12. José Mari Bakero


Sama seperti Begiristain, Bakero juga menjadi andalan lini tengah Barcelona di awal tahun 1990-an. Berposisi sebagai seorang gelandang menyerang, Bakero dipuji karena umpan-umpannya yang akurat, kreativitasnya yang tinggi, dan produktivitasnya dalam mencetak gol. Tak hanya itu, Bakero juga memiliki kualitas kepemimpinan yang baik. Bakero memenangkan banyak trofi di sepanjang karirnya, antara lain adalah empat gelar La Liga, satu Piala Champions, dan dua Winners' Cup.


11. Ivan Helguera

Karena kemampuan defense-nya yang sangat baik, Ivan Helguera tak hanya dimainkan sebagai seorang gelandang bertahan, namun juga terkadang sebagai seorang bek tengah. Pemain ini memiliki peran krusial dalam menjaga keseimbangan lini tengah Real Madrid di tahun 2000-an yang diisi oleh banyak pemain bernaluri menyerang seperti Zidane, Beckham, dan Luis Figo. Helguera juga mewakili Spanyol dalam 2 turnamen Euro dan satu Piala Dunia, total mencatat 47 caps dan mencetak tiga gol untuk negaranya.


10. Sergio Busquets


Sergio Busquets adalah salah satu produk binaan terbaik akademi La Masia. Ia mendapat tempat di timnas Spanyol hanya satu tahun setelah mengawali debutnya di Barcelona pada tahun 2008. Busquets juga menunjukkan performa yang stabil, bahkan mampu mengimbangi permainan gelandang kelas dunia seperti Andres Iniesta dan Xavi Hernandez. Salah satu prestasi individu terbaiknya adalah memenangkan penghargaan La Liga's Breakthrough Player 2009.


9. Luis Enrique

Luis Enrique adalah seorang gelandang serba-bisa yang menjadi andalan Barcelona di tahun 1990-an. Ia memiliki kemampuan menyerang dan bertahan yang seimbang, ditunjang dengan teknik dan kreativitas yang baik. Tak hanya bisa bermain sebagai seorang gelandang, Enrique juga terkadang diposisikan sebagai seorang bek sayap atau second striker. Enrique merupakan satu dari beberapa pesepakbola yang pernah bermain untuk dua klub terbesar Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.


8. Cesc Fàbregas


Tak banyak gelandang di dunia sepakbola yang memiliki kemampuan seperti Cesc Fabregas. Ia bisa berperan sebagai seorang playmaker sekaligus menjaga keseimbangan pertahanan tim. Tak hanya itu, Fabregas juga memiliki kualitas kepemimpinan yang bagus dan produktif dalam mencetak gol. Sebelum pindah ke Barcelona, ia terlebih dahulu bersinar bersama Arsenal. Ia dipercaya tampil sebagai kapten tim The Gunners di usia yang masih sangat muda dan menjadi andalan klub tersebut selama beberapa tahun.


7. Pep Guardiola


Guardiola sering dianggap sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Selama karirnya sebagai pesepakbola profesional, Guardiola memenangkan enam gelar La Liga, dua trofi Copa Del Rey, satu Piala Champions, dan satu Piala Winners'. Ia juga merupakan bagian dari skuad Spanyol yang meraih medali emas di Olimpiade 1992 sekaligus meraih penghargaan sebagai pemain terbaik dalam turnamen tersebut. Setelah pensiun, Guardiola dikenal sebagai salah satu manajer top di dunia sepakbola.


6. Míchel


Michel atau José Miguel González Martín del Campo adalah gelandang andalan Spanyol dan Real Madrid di tahun 1980-an. Berposisi sebagai seorang gelandang tengah, Michel sangat produktif dalam mencetak gol, terutama melalui tendangan penalti. Ia mewakili negaranya dalam dua Piala Dunia dan satu turnamen Euro. Selain membantu Real Madrid memenangkan enam gelar La Liga dan dua trofi Piala UEFA, Michel juga menorehkan beberapa prestasi individual yang membanggakan, di antaranya adalah menjadi top skorer dalam Euro 1988 dan terpilih sebagai La Liga Spanish Player of the Year tahun 1986.


5. David Silva


Cepat, gesit, dan cerdas. David Silva adalah salah satu pemain yang memiliki kontribusi paling besar dalam membuat Manchester City menjadi salah satu klub paling disegani di Liga Inggris. Silva yang dibeli dari Valencia pada tahun 2010 menunjukkan performa yang konsisten, membantu Manchester City memenangkan dua gelar Premier League, satu FA Cup, dan satu Piala Liga. Tak hanya itu, Silva juga merupakan bagian skuad timnas Spanyol yang memenangkan dua turnamen Euro dan satu World Cup dalam periode 2008-2012.


4. Xabi Alonso


Xabi Alonso adalah seorang gelandang bertahan yang juga bisa berperan sebagai seorang playmaker. Ia dikenal karena passingnya yang sangat akurat serta kemampuannya dalam membaca permainan, ditambah dengan kemampuan yang bagus dalam mengeksekusi bola-bola mati. Sebelum bergabung bersama Real Madrid, ia sudah sukses berkarir bersama Real Sociedad dan Liverpool. Salah satu prestasi individual terbaik Xabi Alonso adalah saat terpilih sebagai Spanish Player of the Year 2003 dan La Liga Best Midfielder 2012.


3. Andrés Iniesta


Berbicara soal teknik, Andres Iniesta adalah yang nomor satu di antara semua pemain dalam daftar ini. Ia dikenal sebagai salah satu gelandang dengan kemampuan dribbling terbaik di dunia. Tak hanya bisa bermain sebagai seorang gelandang menyerang atau playmaker, Iniesta juga terkadang diposisikan sebagai seorang winger atau second striker. Pemain ini memenangkan banyak trofi bersama Barcelona, di antaranya enam gelar La Liga, tiga Liga Champions, dan dua FIFA Club World Cup. Ia juga mencetak satu-satunya gol penentu kemenangan Spanyol dalam final Piala Dunia 2010 melawan Belanda.


2. Francisco Gento


Francisco Gento boleh dibilang sebagai gelandang Spanyol terbaik yang pernah bermain untuk Real Madrid. Ia bergabung dengan El Real dalam periode 1953-1971, memenangkan 12 gelar La Liga, enam trofi Piala Champions, dan satu Piala Interkontinental. Di masa keemasannya, Gento dikenal sebagai seorang winger kiri yang luar biasa. Ia sangat cepat, lincah, dan berteknik tinggi. Selama 18 tahun bermain untuk Real Madrid, ia mencetak 128 gol dalam 428 penampilan.


1. Xavi


Xavi adalah contoh seorang gelandang yang sempurna. Mulai dari passing, visi, kreativitas, kepemimpinan, loyalitas, hingga kemampuan mengeksekusi bola-bola mati; semua skill tersebut ia kuasai dengan sempurna. Tak heran jika ia dianggap sebagai pemain kunci yang membantu Barcelona dan timnas Spanyol mendominasi persepakbolaan dunia dalam satu dekade terakhir. Selain tujuh gelar La Liga, tiga trofi Liga Champions, dua gelar Euro, dan satu trofi Piala Dunia; Xavi juga memenangkan banyak penghargaan individual, di antaranya World Soccer Player of the Year 2010, Euro 2008 Player of the Tournament 2008, dan Spanish Sportsman of the Year 2009.
Baca juga :
Agen BOLA

0 Response to "15 Gelandang Spanyol Terbaik Dalam Sejarah"

Posting Komentar